Wednesday, December 23, 2009

Lectio Divina

Apakah Lectio Divina Itu?
Lectio Divina adalah pembacaan Kitab Suci yang direnungkan dengan tujuan untuk berdoa dari Kitab Suci dan hidup dari Sabda Allah. Metode ini menuntut bahwa kita membaca Kitab Suci karena digerakkan oleh suatu kerinduan untuk bertobat.
Apabila seseorang mau berdoa dari dari Kitab Suci dengan lectio divina, ada beberapa persyaratan pendukung: Harus mencari suatu tempat yang sunyi, harus menyediakan waktu khusus dan rutin, harus punya Kitab Suci (Alkitab).

Kita memerlukan peran Roh Kudus. Kitab Suci tidak mungkin dimengerti dengan akal pikiran manusiawi. Kita perlu menyadari bawah Roh Kudus ada di dalam kita, bukan ’di luar sana’. Roh Kuduslah yang menolong kita untuk memahami apa yang dikatakan oleh Kitab Suci.

Ada empat bagian dalam lectio divina:

Lectio (pembacaan). Ini adalah kegiatan pertama dari lectio divina. Tujuannya: Mengerti apa yang dikatakan oleh teks Alkitab. Pertanyaan-pertanyaan bantuan: Apa yang dikatakan teks ini? Apa isinya? Caranya :
- Baca teks dua atau tiga kali secara lisan.
- Baca teks dengan akal budi/pengertian. Pahami isinya.
- Baca teks dengan hati / kerinduan untuk menerima hikmat Allah

Meditatio (meditasi/renungan). Inti langkah ini adalah menerapkan seluruh rahasia dan kebenaran firman Allah pada diri sendiri, dengan cara:

- Carilah lebih dalam kebenaran yang tersembunyi, pakailah teks-teks terjemahan lainnya, hafalkan bagian-bagian penting dari Alkitab yang sedang dibaca.
- Mengenakan seluruh kebanran firman Allah pada diri sendiri.

Oratio (doa). Oratio adalah doa yang digerakkan dan diilhami oleh Sabda. Dengan demikian kita berdoa sesuai dengan firman Allah, dan juga kehendak Allah.

Contemplatio (kontemplasi). Kontemplasi adalah suatu pengangkatan jiwa manusia pada Allah, suatu pengangkatan yang membuat jiwa itu seperti tinggal dan berpaut padaNya dan menikmati kemanisan abadi. Pengangkatan jiwa ini terjadi melalui pendengaran sabda Allah, suatu pendengaran yang demikian tajam sampai membuat orang berpaut pada Allah dan mengenal serta melihat sesuatu dengan mata dan hati Allah. Ini adalah Roh hikmat dan wahyu (Efs 1:16-18).

No comments:

Post a Comment