Saturday, February 12, 2011

ENGKAU BERHARGA DI MATA TUHAN


Yesaya 43:1-7

“Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku mengasihi ini engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.” (ay.4)
Firman ini diberikan Tuhan melalui nabi Yesaya kepada bangsa Yehuda yang sedang ada dalam pembuangan. Mereka dalam kondisi tertawan, dan hidup dalam kesengsaraan. Mengapa? Karena mereka berdosa kepada Tuhan (cf. Yes 42:18-25). Mereka tidak mengikuti jalan yang ditunjukkan dan tidak mendengar pengajaran dari Tuhan (Yes 42:24). Tetapi, di tengah keadaan yang demikian, Tuhan menyatakan anugerah-Nya. Memang Dia memakai bangsa-bangsa lain untuk menghukum Yehuda, tetapi kasih-Nya dinyatakan. Tuhan menyatakan anugerah-Nya karena mereka berharga di mata Tuhan (ay.4). Bukti keberhargaan tersebut ditunjukkan dengan Tuhan menebus mereka dengan bangsa-bangsa lain. Bahkan, Dia menyertai mereka. Ini membuat mereka berbalik kepada Tuhan dan tidak takut menghadapi tantangan kehidupan (ay.5-7).
Seharusnya, kita termasuk orang-orang yang seharusnya binasa. Tetapi, karena anugerah dan kasih-Nya, kita ditebus dan diselamatkan. Oleh darah Yesus, kita telah diangkat menjadi anak-anak-Nya. Hidup kita berharga di mata Tuhan. Menyadari keberhargaan yang diberikan tersebut, marilah kita menghargai status kita sebagai orang-orang tebusan Tuhan dengan mengembangkan semua potensi dan karunia bagi kemuliaan Tuhan. Bukan saatnya lagi untuk merasa kecewa dan ‘memendam’ talenta yang diberikan. Apapun yang dapat kita lakukan, sekalipun kecil, lakukan demi memuliakan Tuhan, yang telah mengangkat kita menjadi anak-Nya. Terpujiah TUHAN !

No comments:

Post a Comment

Post a Comment