Saturday, September 4, 2010

Tanggapan Yang Segera

Markus 1:14-20

Menerima Firman

Segala sesuatu membutuhkan respon/tanggapan dari kita. Tanggapan kitalah yang menentukan apa yang akan kita alami dalam hidup kita. Hal ini juga berlaku terhadap firman Tuhan. Tuhan memiliki kehendak bagi hidup kita. Dia adalah Allah yang berdaulat. Tetapi untuk dapat hidup dalam kehendak dan rencanaNya yang indah, tanggapan yang disertai iman dan ketaatan sangat diperlukan.
Dalam teks ini, kita membaca bahwa Tuhan Yesus memanggil orang-orang biasa. Simon, Andreas, Yakobus, dan Yohanes adalah orang-orang biasa. Seorang nelayan dengan pekerjaan rutin harian demi pemenuhan kebutuhan hidup. Yang membuat mereka berbeda adalah tanggapan mereka saat Tuhan Yesus memanggil mereka. “Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia”, demikian ayat 18 menerangkan.
Keputusan untuk segera menanggapi panggilan Tuhan (dalam arti taat tanpa alasan) adalah kunci dari perkenanan Tuhan atas hidup kita. Seringkali penundaan karena alasan justru menghambat hidup kita sendiri. ‘Kerajaan Allah sudah dekat!’ (ay 15) adalah seruan bagi kita saat ini. Pilihannya ada di tangan kita: mau menjadi murid yang berkenan, atau mengikuti kehendak diri sendiri.

Merenungkan Firman
1. Mengapa Tuhan Yesus mengaitkan pertobatan dengan kedatangan Kerajaan Allah yang
sudah dekat (ay 15) ?
2. Seandainya Anda ada bersama Simon, Andreas, dan teman-teman pada waktu itu,
bagaimana perasaan Anda mendengar ajakan Tuhan Yesus?
3. Dua hal apakah yang diminta Tuhan Yesus kepada mereka (ay 17)? Bagaimana respon
Anda terhadap undangan ini?

Melakukan Firman
Menanggapi panggilan Tuhan dengan segera sangat penting. Menunda untuk melakukan kehendak Allah sama dengan ketidaktaatan.
1. Responi panggilan Allah bagi Anda untuk mengikuti Dia dengan sepenuh hati.
2. Buatlah komitmen untuk berkata ‘ya’ terhadap semua kehendak Tuhan dan belajar lakukan dengan segera.

Membagikan Firman
Ceritakanlah pemahaman Anda dalam saat teduh minggu ini dan pengalaman Anda dalam hal melakukan komitmen terhadap firman Tuhan. (DAP)

No comments:

Post a Comment