Saturday, September 4, 2010

Mempersiapkan Suatu Era Baru

Markus 1:1-8

Menerima Firman
Kata ‘Injil’ berarti kabar baik. Suatu kabar baik oleh, dari, tentang, dan melalui Yesus Kristus. Kabar baik itu adalah bahwa hanya karena dan melalui pengorbanan Yesus, ada keselamatan bagi manusia. Bahwa dalam Yesus, manusia diperdamaikan dengan Allah. Ini berarti pulihnya kembali hubungan manusia dengan Allah. Ini adalah suatu ‘era baru’. Tetapi untuk semuanya itu, diperlukan suatu persiapan penting. Untuk kedatangan Yesus, Allah memanggil Yohanes Pembaptis untuk mempersiapkan jalan, dan jalan itu adalah “PERTOBATAN”. Ia berseru, “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu” (ay 4).

Untuk kedatangan Tuhan Yesus ke dunia, diperlukan persiapan yang sangat penting. Bagaimana dengan Saudara? Apakah saudara merindukan kehadiran Tuhan secara nyata dalam hidup Saudara? Prinsipnya sama: persiapkan ‘jalan’ bagi Tuhan, yaitu pertobatan. Pertobatan berarti perubahan dalam cara berpikir dan sikap. Pertobatan sejati meliputi seluruh aspek hidup yang dipersembahkan kepada dan bagi Tuhan. Ini adalah satu-satunya cara yang harus ditempuh bila ingin mempersiapkan suatu ‘era baru’ bagi hidup kita.

Merenungkan Firman

Renungkanlah kebenaran-kebenaran penting berikut ini:
- Untuk sesuatu yang baru, dibutuhkan seorang yang bersedia memulai sekalipun mengandung resiko (seperti Yohanes Pembaptis). Memulai untuk hidup dengan cara baru, cara yang berkenan di hadapan Tuhan.
- Pertobatan adalah ‘jalan’ bagi kehadiran Tuhan. Seberapa pentingkah hal tersebut bagi hidup Saudara?

Melakukan Firman
1. Orang-orang datang kepada Yohanes Pembaptis setelah mendengar seruannya. Ambilah langkah praktis dalam hidup Saudara untuk membuka jalan bagi kehadiran Tuhan !
2. Usahakan supaya setiap hari diri kita dan orang lain mendengar seruan/panggilan yang kuat untuk hidup dalam cara yang berkenan di hadapan Tuhan.

Membagikan Firman

Rencanakan suatu tindakan konkrit untuk membagikan pengalaman hidup Saudara bersama Tuhan kepada orang lain dalam minggu ini.

No comments:

Post a Comment